VERIFIKASI DESA ODF OLEH TIM PROVINSI JAWA TENGAH

DESA PULE  Desa ODF

Pengertian STBM

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Komunitas merupakan kelompok masyarakat yang berinteraksi secara sosial berdasarkan kesamaan kebutuhan dan nilai-nilai untuk meraih tujuan.

Open Defecation Free yang selanjutnya disebut sebagai ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Cuci Tangan Pakai Sabun adalah perilaku cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga yang selanjutnya disebut sebagai PAMRT adalah suatu proses pengolahan, penyimpanan dan pemanfaatan air minum dan air yang digunakan untuk produksi makanan dan keperluan oral lainnya seperti berkumur, sikat gigi, persiapan makanan/minuman bayi.

Sanitasi total adalah kondisi ketika suatu komunitas:

  • Tidak buang air besar (BAB) sembarangan.
  • Mencuci tangan pakai sabun.
  • Mengelola air minum dan makanan yang aman.
  • Mengelola sampah dengan benar.
  • Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Jamban sehat adalah fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit.
Untuk mencapai Desa ODF dilaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi di tiap-tiap desa untuk memberdayakan masyarakat dengan melakukan kegiatan pemicuan.
Dalam sambutannya Tim verifikasi  Propingsi Jawa Tengah, mengajak segenap elemen di desa untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungannya terutama dalam ber BAB di sembarang tempat untuk menjaga terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.
Kepala Desa Pule juga menyampaikan bahwa telah terbentuk   Tim  desa Pule yang senantiasa melakukan  pengawasan dan arahan kepada masyarakat sehingga setiap anggota masyarakat benar-benar menjaga komitmen yang telah dibuat, dan sadarnya   warga dalam ber-BAB tidak disembarang tempat. Dikarekan 100% masyarakat desa Pule  Telah memiliki  Jaban. (red.topo.ed)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan